PENERAPAN KONSEP MEAN (RATA-RATA) DALAM PERMASALAHAN KONTEKSTUAL
Minggu, 02 Agustus 2020
Add Comment
Ada berbagai variasi soal Matematika yang menggunakan konsep Mean (rata-rata). Pada data kuantitatif (data berbentuk bilangan), konsep Mean dapat digunakan untuk mencari suatu datum, banyak frekuensi suatu datum, jumlah datum dibawah/diatas rata-rata, nilai tertinggi dari sekumpulan siswa dan lain sebagainya.
1. MEAN UNTUK MENENTUKAN DATUM
CONTOH
Diketahui sebaran data 9, p, 6, 4, 3, 5, 8, 5, 7, 4. Jika mean/rata-rata data tersebut 5,6. Tentukan nilai p!
JAWAB
2. MEAN UNTUK MENENTUKAN FREKUENSI SUATU DATUM
CONTOH
Perhatikan Tabel Distribusi Frekuensi nilai Matematika.
Jika ata-ratanya 6,8, tentukan nilai w dari data tersebut!
JAWAB
3. MENENTUKAN FREKUENSI DIBAWAH/DIATAS RATA-RATA (MEAN)
CONTOH
Data berat badan 40 siswa disajikan dalah tabel berikut.
Tentukan banyaknya siswa yang memiliki berat badan di bawah rata-rata!
JAWAB
4. RATA-RATA GABUNGAN
CONTOH
Rata-rata berat badan siswa Kelas IX adalah 53 kg. Rata-rata berat badan siswa laki-laki 56 kg dan siswa perempuan 51 kg. Jika banyak siswa kelas IX ada 35 anak, tentukan banyak siswa laki-laki Kelas IX tersebut!
JAWAB
5. MEAN UNTUK MENENTUKAN NILAI TERTINGGI
CONTOH
Nilai rata-rata ulangan Matematika dari 8 siswa adalah 70. Selisih antara nilai tertinggi dan terendah adalah 24. Jika hanya ada satu siswa dengan nilai tertinggi dan siswa lainnya memperoleh nilai yang sama. Tentukan nilai tertinggi yang diperoleh sekelompok siswa tersebut!
JAWAB
SOAL LATIHAN
0 Response to "PENERAPAN KONSEP MEAN (RATA-RATA) DALAM PERMASALAHAN KONTEKSTUAL"
Posting Komentar