-->

Entri yang Diunggulkan

NILAI MATEMATIKA YANG MASIH KURANG KELAS 8A DAN 8B

  Perhatikan nama-nama berikut.  Nama-nama di atas BELUM mencapai nilai yang memuaskan berdasarkan perhitungan nilai Tugas, STS dan SAS . Si...

SISTEM KOORDINAT

1. MENGENAL KOORDINAT KARTESIUS 
      Di Sekolah Dasar Kalian telah belajar Koordinat Kartesius?. Dan apa itu Kartesius?. Apakah Kalian masih ingat?. Baiklah, Cartesius (Baca: Kartesius) merupakan istilah yang digunakan untuk mengenang Ahli Matematika sekaligus filsuf asal negara Prancis yang bernama Rene Descartes atau yang lebih dikenal sebagai Renatus Cartesius. Descartes sangat berperan besar dalam menggabungkan aljabar dan geometri. Beliau memperkenalkan ide baru untuk menggambarkan posisi titik atau objek pada sebuah permukaan dengan menggunakan dua sumbu yang bertegak lurus antarsatu dengan yang lain. dan sekarang lebih dikenal dengan Koordinat Cartesius. 

    Koordinat Kartesius digunakan untuk menentukan objek titik-titik pada suatu bidang dengan menggunakan dua bilangan yang bisa disebut dengan koordinat X dan koordinat Y dari titik-titik tersebut, seperti gambar dibawah ini. 

     Gambar (a) merupakan contoh dari Koordinat Kartesius dimana terdapat garis vertikal (tegak) dapat disebut sumbu Y dan garis harizontal (mendatar) disebut sebagai sumbu X
    Pada garis vertikal (tegak), posisi bilangan bulat positif berada di atas Nol dan bilangan bulat negatif berada di bawah nol. Sedangkan pada garis harizontal (mendatar), posisi bilangan bulat positif berada di sebelah kanan nol dan bilangan bulat negatif berada disebelah kiri nol. 
    Karena sumbu X dan sumbu Y saling tegak lurus maka bidang XY terbagi menjadi 4 bagian (kuadran) yaitu kuadran I, II, III, IV yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Gambar (b)
Suatu Titik terdiri dari absis dan ordinat yang dapat ditulis Titik (absis, ordinat) atau Titik (a, o). Absis merupakan letak koordinat terletak pada sumbu X. Sedangkan Ordinat adalah letak koordinat terletak pada sumbu Y. Sehingga dari Gambar (b) dapat di simpulkan bahwa jika sebuah titik memiliki: 

2. MENENTUKAN POSISI TITIK TERHADAP SUMBU X DAN SUMBU Y 
CONTOH
Coba perhatikan Koordinat Kartesius dibawah ini. Amati kedudukan titik-titik pada tiap-tiap kuadran dan amati pula jarak tiap-tiap titik terhadap sumbu-X dan terhadap sumbu-Y   
    Berdasarkan pengamatan yang Kalian lakukan dapat ditemukan bahwa terdapat: 
Perhatikan Titik D serta perhatikan langkah garis berwarna merah dan hijau. 

0 Response to "SISTEM KOORDINAT "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel