-->

Entri yang Diunggulkan

NILAI MATEMATIKA YANG MASIH KURANG KELAS 8A DAN 8B

  Perhatikan nama-nama berikut.  Nama-nama di atas BELUM mencapai nilai yang memuaskan berdasarkan perhitungan nilai Tugas, STS dan SAS . Si...

PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

1. Mengenal Datum dan Data 
ILUSTRASI: 
    Pada hari pendaftaran Peserta Didik Baru di SMP Negeri 6 Satui, Seorang Guru mengukur lingkar kepala 7 siswa. Hasil pengukuran lingkar kepala ketujuh siswa tersebut berturut-turut adalah 57 cm, 53 cm, 57 cm, 55 cm, 54 cm, 52 cm dan 53 cm. Adapun hasil pengamatan jenis kelamin terhadap ketujuh siswa tersebut adalah laki-laki, perempuan, laki-laki, laki-laki, perempuan, perempuan, dan laki-laki. 
    Hasil pengukuran lingkar kepala ketujuh siswa, yaitu  57 cm, 53 cm, 57 cm, 55 cm, 54 cm, 52 cm dan 53 cm disebut fakta dalam bentuk angka, sedangkan hasil pengamatan jenis kelamin terhadap ketujuh siswa tersebut yaitu laki-laki dan perempuan disebut fakta dalam bentuk kategori. Selanjutnya, fakta tunggal disebut datum, sedangkan kumpulan datum disebut data, seperti penggambaran dibawah ini. 
2. Penyajian Data Dalam Beberapa Jenis Diagram 
Tabel berikut meunjukkan data banyak siswa laki-laki dan perempuan pada tiap-tiap tingkat/kelas di SMP Negeri 6 Satui pada Tahun Ajaran 2019/2020. 
Selanjutnya, data yang terdapat pada tabel di atas akan ditampilkan dalam beberapa bentuk diagram yaitu diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. 
    a. Diagram Batang 
atau 
2. Diagram Garis
3. Diagram Lingkaran 
dan 

Menentukan % pada Diagram lingkaran
SOAL LATIHAN 
    Perhatikan sebaran data ODP, PDP dan Positif Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan pada 24 April 2020.




0 Response to "PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel